Friday 21 August 2009

Ramadhan Datang lagi...

Ramadhan Kareem!!!

Akan ManJa ingat Ramadhan kali ini betol2...sebabnye detik ini la ManJa kembali menulis semula...ha3...masalah btoi bila x serius dalam penulisan nih..

Seperti biasa kali ini, azam ManJa is ' For A Better Ramadhan' hopefully tercapai...

Kali ni yang seronok nye ManJa akan meraikan Ramadhan di dua negara...ngeh3..ManJa akan pulang ke Malaysia..tanah air ku yg ku CHINTA!! wah enggak sabar nye...
Mak, Ayah..n sume adik beradik dh x sabar untuk ManJa peluk cium...

Jd kali ini ManJa selitkan sedikit Adab-adab Ketika Berpuasa...hopefully berguna tok semua..

1. Wajib bagi seorang muslim untuk berpuasa dengan penuh keimanan dan mengharap pahala kepada Allah semata...seperti sabda Rasulullah:

"Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala kepada Allah maka diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa yang shalat di malam harinya (shalat tarawih) karena iman dan mengharap pahala kepada-Nya maka diampuni dosanya yang telah lalu dan barangsiapa yang shalat malam bertepatan dengan datangnya lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala kepada-Nya maka diampuni dosanya yang telah lalu."

2. Membiasakan diri kita bertaqwa kepada Allah dengan mengerjakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, sesuai dengan firman Allah:

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa." (Al-Baqarah:183)

3. Menjauhi apa yang diharamkan Allah berupa menipu, khianat, mencaci, melihat sesuatu yang haram seperti melihat lawan jenisnya yang bukan mahramnya, mendengarkan hal yang haram seperti nyanyian,ucapan dusta dan sejenisnya, serta perbuatan haram lainnya yang harus dijauhi oleh orang yang sedang berpuasa dan selainnya, akan tetapi terhadap orang yang puasa lebih dikuatkan perintahnya.

4. Memperbanyak sedekah, amal kebaikan, berbuat baik kepada orang lain, terutama di bulan Ramadhan. Sungguh Rasulullah pon banyak sedekah di bulan Ramadhan.

5. Makan sahur dan mengakhirkannya (lewat-lewat kan), sesuai sabda Nabi:

"Makan sahurlah kalian karena di dalam sahur ada barakah." (HR.Al-Bukhariy dan Muslim)

6. Buke pose dengan ruthab (kurma yang sudah matang), kalau xde boleh dengan tamar (kurma yang belum sampai ruthab), kalau xde gak!!! maka dengan air, menyegerakan berbuka tatkala telah jelas benar tenggelamnya matahari, berdasarkan sabda Nabi:

"Senantiasa manusia berada dalam kebaikan selagi mereka menyegerakan berbuka puasa." (Muttafaqun 'alaih dari Sahl bin Sa'ad As-Sa'idiy)

ok..tu je..moga sume kekawan ManJa dpt tekun dan bersungguh dalam menjalani iabdah pose ni k..till then...

0 yg bersuara:

© NeW DaY >>> NeW LiFe... - Template by Blogger Sablonlari - Header image by Deviantart